KUISONER EDS UNTUK SISWA
Tanggal : .............................
Kelas :
.............................
1.
Kesulitan kamu dalam mengerjakan soal UN adalah
□ materi
soal UN tidak dipelajari di sekolah
□ soal
terlalu sulit
□ tidak
mengetahui kisi-kisi UN
□ kurangnya
buku sumber untuk belajar
□ kurang
memahami materi pelajaran yang diajarkan di sekolah
□ kurangnya
latihan penyelesaian soal setara UN
2.
Kesulitan kamu dalam menguasai pelajaran di sekolah adalah :
□ materi
pelajaran terlalu sulit untuk dipahami
□ materi
pelajaran terlalu banyak
□ dasar
pengetahuan yang diperoleh sebelumnya kurang mendukung
□ guru tidak menjelaskan materi yang sulit secara
rinci
□ penjelasan
guru sukar dipahami
3.
Jumlah percobaan/eksplorasi yang kamu lakukan di sekolah selama satu semester
adalah
a. tidak ada
b. satu sampai tiga percobaan
c. empat sampai tujuh percobaan
d. lebih dari tujuh percobaan
4.
Jumlah karya (selain karya tulis) yang kamu buat atas petunjuk guru selama satu
semester adalah
a. tidak ada
b. satu sampai tiga percobaan
c. empat sampai tujuh percobaan
d. lebih dari tujuh percobaan
5.
Jumlah buku yang kamu baca dan dibuat intisari atau penyajiannya atas petunjuk
guru selama satu semester adalah
a. tidak ada
b. satu sampai tiga percobaan
c. empat sampai tujuh percobaan
d. lebih dari tujuh percobaan
6.
Kegiatan belajar yang kamu lakukan di sekolah pada umumnya mencakup hal-hal
sebagai berikut :
□ Penguasaan
informasi (pesan) yang ada pada buku teks dan bahan ajar lainnya
□ Pengolahan
informasi yang diperoleh dari berbagai sumber
□ Pengolahan
informasi dan penyampaiannya menggunakan tulisan, gambar, dan grafik.
□ Bersosialisasi
dengan masyarakat dalam kegiatan tertentu
□ Magang
atau terlibat aktif dalam kegiatan pada sebuah kantor atau tempat kerja
□ Mempelajari
teknik dan taktik olah raga serta mempraktekkannya
□ Praktek
di bengkel atau laboratorium
□ Mempelajari
teori dan teknik, serta mempraktekkan kesenian tertentu
□ Mempelajari tatacara beribadah dan menerapkannya dalam
kegiatan sehari-hari
7.
Kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan oleh guru di sekolah kamu adalah
:
□ Menyampaikan
pelajaran tidak hanya ceramah, namun diselingi aktivitas lain yang tidak
membosankan
□ membimbing
siswa dalam belajar, tidak hanya memberikan tugas
□ memberikan
kesempatan pada siswa untuk bertanya
□ penjelasan
guru padat dan ringkas, serta mudah dipahami
□ memperhatikan
siswa ketika mengajar
□ melibatkan
siswa dalam menggunakan media dan fasilitas belajar
□ teori diikuti dengan pelaksanaan praktek
□ bersikap
adil dalam melakukan penilaian
□ melakukan
penilaian sesuai dengan materi yang diajarkan
8.
Kebiasaan baik yang ada di sekolah dan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku
siswa adalah
□ Memberi
salam ketika bertemu guru
□ Berdoa
sebelum mulai belajar
□ Antrian
dalam melakukan kegiatan tertentu
□ Membersihkan
ruang kelas secara bergantian (sesuai
jadwal)
□ Bergotong
royong membersihkan lingkungan sekolah
□ Berpartipasi
dalam penanggulangan masalah yang terjadi di masyarakat
□ Berpartisipasi
dalam kehidupan bersosial (menjenguk teman/guru yang sakit, melayat teman atau
keluarga yang meninggal)
9.
Proses belajar yang kamu alami di sekolah terkait dengan keterampilan
berkomunikasi (membaca, menyimak, menulis, dan berbicara) adalah :
□ Membuat
karya tulis dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
□ Melaporkan
hasil telaah buku secara tulisan dan lisan
□ Membuat
laporan kegiatan hasil projek, eksperimen atau
penelitian
□ Membuat
dokumen perencanaan dan pelaporan hasil kegiatan
□ Berdiskusi
dan mengajukan ide dalam belajar berkelompok
□ Memaparkan
hasil pemantauan, jajak pendapat, dan/atau wawancara secara lisan dan tulisan
10.
Kegiatan belajar di sekolah yang kamu ikuti pada umumnya mencakup aktivitas guru
dalam :
□ menyampaikan
tujuan belajar
□ menjelaskan
manfaat pelajaran dan kaitannya dengan pelajaran yang lain
□ mengecek
pemahaman kamu terkait dengan pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya
□ memaparkan
kemajuan belajar siswa secara umum berdasarkan hasil ulangan
□ menarik
perhatian kamu dengan memperlihatkan sesuatu, bercerita, atau hal lainnya
□ memberikan
kesempatan untuk bertanya dan memberikan jawaban yang sesuai
□ menugaskan
untuk melakukan penyelidikan (ekplorasi) tentang suatu permasalahan
□ mengecek
pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan
□ menugaskan
untuk melakukan latihan pemantapan materi
□ memberikan
kesempatan untuk menyampaikan hasil kerja
□ melibatkan
kamu dalam membuat rangkuman pelajaran
□ memberikan
tugas untuk mempelajari materi pada pertemuan selanjutnya
□ memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
11.
Tugas yang diberikan oleh guru dalam belajar mencakup aktivitas :
□ Mengerjakan
soal-soal pada buku lembar kerja siswa
□ Menyalin
informasi dari buku teks atau catatan guru di papan tulis
□ Membaca
atau menelaah buku dan menyampaikan rangkumannya secara tertulis atau lisan
□ Membuat
karya tulis dengan sumber informasi dari buku, internet, dan/atau majalah/koran
□ Melakukan
pengamatan dan melaporkan hasil percobaan dalam pembelajaran IPA
□ Melakukan
pengamatan dan mengenali permasalahan
sosial masyarakat sekitar
□ Membuat
karya secara mandiri atau berkelompok dan menyampaikan informasi tentang hasil
karya di kelas
□ Mengumpulkan
data dari nara sumber melalui wawancara, angket, atau teknik lainnya dan
hasilnya didiskusikan di kelas
12.
Nasehat dan aturan yang sering diberikan guru dalam belajar adalah:
□ tekun
belajar untuk menguasai ilmu yang berguna bagi kehidupan
□ berlaku
jujur dalam melaporkan hasil pengamatan
□ mengerjakan
tugas secara sungguh-sunggguh dan tidak menyalin hasil kerja teman
□ bertanggungjawab
dalam bertindak, terutama jika melakukan kesalahan
□ menghormati
orang tua, guru dan orang lain
□ bersikap
sportif dan mematuhi tatatertib sekolah
13.
Hal yang kamu sukai dari guru ketika mengajar adalah
□ berbicara
santun, lugas, dan mudah dimengerti
□ suara
dapat didengar dengan jelas ketika mengajar
□ menyesuaikan
materi pembelajaran dengan kemampuan peserta didik
□ memberikan
balikan atas kelemahan kamu dalam belajar
□ mendorong
dan menghargai peserta didik dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat
□ berpenampilan
rapi dan menyenangkan
□ mampu
memberikan inspirasi
14.
Fasilitas yang pernah kamu gunakan dalam belajar adalah :
□ Lapangan
dan perangkat olahraga di sekolah
□ Peralatan
bengkel atau laboratorium yang tersedia di sekolah
□ Peralatan
bengkel atau laboratorium yang ada di luar sekolah
□ Peralatan
seni yang tersedia di sekolah
□ Fasilitas
komputer dan/atau media belajar yang tersedia di sekolah
□ Buku,
CD/DVD, kaset, dan bahan lainnya yang tersedia di perpustakaan sekolah
15.
Teknologi informasi dan komunikasi yang
dimanfaatkan oleh guru sebagai sumber /media belajar :
□ Internet
□ Radio
□ Televisi
□ Komputer
16.
Penyampaian prosedur dan kriteria penilaian dari guru kepada siswa:
a. Dilaksanakan pada awal semester
b. Dilaksanakan pada tengah semester
c. Dilaksanakan pada akhir semester
d. Tidak disampaikan
17.
Hal yang dapat kamu jadikan teladan dalam sikap dan perilaku guru pada umumnya
adalah:
□ Selalu
hadir dalam mengajar
□ Menepati
janji dan sportif dalam bertindak
□ Berani
dan tegas dalam mempertahankan kebenaran
□ Bertanggung
jawab dalam mengasuh kegiatan siswa
□ Memperhatikan
dan membantu siswa yang menghadapi permasalahan belajar
□ Bersikap
adil dalam memberikan penilaian
□ Menerima
saran/kritik yang membangun dari peserta didik atau guru lain
□ Menghargai
peserta didik dan menjalin komunikasi yang baik dengan semua orang
18.
Kondisi kamar kecil (toilet/jamban) yang
dimiliki sekolah:
□ Sirkulasi
udara baik
□ Ruangan
bersih
□ Ketersediaan
air cukup
□ Pencahayaan
cukup
0 komentar:
Posting Komentar